Posted on

Pengelolaan limbah cair untuk keperluan industri

Pengelolaan limbah cair untuk keperluan industri

Jogja. Infonuklir. (22/9/2010). “Kita harus mendorong inovasi dan menguasai teknologi agar bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas. Ini sejalan dengan peran teknologi sebagai solusi untuk kesejahteraan rakyat,” demikian sambutan presiden SBY yang dibacakan Hatta Rajasa, karena SBY batal hadir pada acara tersebut. Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) diadakan di Gedung Jogja Expo Center, Rabu (22/9/2010), berlangsung selama sepekan dan akan ditutup pada Minggu (26/9/2010).

Presiden juga berharap semua komponen bangsa harus mempercepat proses alih teknologi yang bisa dimanfaatkan di daerah perbatasan dan pulau-pulau terdepan guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan daya saing bangsa. Presiden mengajak untuk menyatukan persepsi agar upaya besar kita untuk meningkatkan peran teknologi sebagai solusi memajukan kesejahteraan rakyat. Penguasaan dan pemanfaatan teknologi yang dapat mendukung tranformasi nasional menuju perekonomian yang maju dan berbasis pada keunggulan kompetitif.

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)  yang menempati stan menyatu dengan Kementerian Ristek bersama LIPI, BPPT, dan Bakosurtanal, memperkenalkan teknologi yang bisa langsung dimanfaatkan masyarakat diantaranya teknik pejantanan ikan dengan hormon methyl testosteron  alami, teknik serangga mandul untuk pengendalian populasi nyamuk demam berdarah, aditif pelumas super ramah lingkungan, dan elektrokoagulator untuk pengolahan limbah cair. Selain itu BATAN juga menampilkan aplikasi teknik nuklir di bidang pertanian/peternakan, industri sterilisasi dan pengawetan makanan, dan energi.

Proses pengolahan limbah cair di lingkungan industri kimia saat ini selain masih terpaku pada teknologi yang tersedia, juga masih membutuhkan bahan kimia pendukung proses pengolahan dengan biaya tinggi.  Rancang bangun perangkat elektrokoagulator merupakan gagasan baru menjadi harapan solusi bagi penimbul limbah, karena teknologi elektrokoagulasi tidak membutuhkan tingkat teknologi dan biaya tinggi. Elektrokoagulator dirancang dapat dioperasikan sebagai unit pengolah limbah cair untuk skala industri kecil, menengah dan skala besar sesuai kebutuhan, serta dapat dioperasikan secara full auto computerized.  Sistem perangkat elektrokoagulator adalah meliputi unit pengumpan-equalisasi, unit elektrokimia, unit sedimentasi dan unit filtrasi.

Tujuan yang ingin dicapai dari alat ini adalah mendapatkan suatu perangkat elektrokoagulator untuk pengolahan limbah cair yang memiliki kinerja meminimalkankadar logam berat dalam limbah cair sebelum di dispersi ke lingkungan.Dengan kata lain tujuan pengolahan limbah cair adalah untuk menurunkan kadar zat pencemar yang terkandung di dalam air limbah sampai memenuhi persyaratan efluen yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s