Posted on

Menlu Tegaskan Komitmen Memperkuat Konstituen Politik Luar Negeri

Menteri Luar Negeri RI, Dr.R.M.Marty Natalegawa pada saat menyampaikan Pernyataan Pers Tahunan Menlu RI tahun 2011, di Ruang Nusantara Kemlu RI (7/11)
Partisipasi dan kepemilikan seluruh pemangku kepentingan adalah keniscayaan untuk menjamin efektifitas kebijakan politik luar negeri. Pada tahun 2011, Kemlu berkomitmen kuat untuk meningkatkan upaya menjangkau seluruh elemen masyarakat. Hal ini dilakukan guna membangun dan memperkuat konstituen politik luar negeri.
Menlu RI, Dr. R.M. Marty M. Natalegawa,menyampaikan hal ini dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri di Ruang Nusantara, Kemlu, pagi ini (7/1/2011).
Disampaikan pula bahwa Kemlu akan memulai pelaksanaan politik luar negeri di tahun 2011 dengan mengidentifikasi peluang dan kemungkinan-kemungkinan baru. Diplomasi akan diarahkan untuk mengatasi tantangan dan menciptakan peluang.
“Diplomasi akan memajukan pendekatan yang prinsipil, visioner namun pragmatis guna memberikan kontribusi dalam mempertahankan kepentingan nasional serta keamanan dan kemakmuran Indonesia”, tegas Menlu.
Sepanjang tahun 2010, berbagai upaya revitalisasi dan optimalisasi mekanisme hubungan bilateral dengan berbagai negara telah dilakukan. Tahun 2011, Kemlu akan melakukan konsolidasi dan semakin memperdalam hubungan bilateral dengan berbagai negara. Fokus utamanya akan diberikan pada upaya meningkatkan hubungan antara masyarakat dan mempertajam diplomasi ekonomi.
Sebagai Ketua ASEAN 2011, Indonesia akan memprioritaskan 3 hal. Pertama, memajukan pencapaian komunitas ASEAN. Kedua, memelihara tatanan dan situasi di kawasan yang kondusif bagi upaya pencapaian pembangunan. Dan ketiga, menggulirkan pembahasan perlunya visi ASEAN pasca 2015 yang bertumpu pada peran masyarakat ASEAN dalam masyarakat dunia. Untuk itu, Indonesia akan mendorong agar ASEAN berkembang sebagai organisasi yang bersifat people-centered.
Di kawasan, Indonesia diharapkan akan semakin mengukuhkan peran dan kontribusinya untuk mendorong pembangunan ekonomi dan politik secara lebih pararel dan seimbang. Hal ini dilakukan melakukan serangkaian kerjasama, seperti dalam Bali Democracy Forum dan kerjasama pemberantasan kejahatan terorisme.
Pada tingkat global, Indonesia akan secara konsisten terus memperjuangkan kepentingan nasional, regional dan internasional di berbagai forum multilateral. Indonesia juga akan terus mendorong proses perdamaian internasional, termasuk Palestina-Israel. Indonesia akan memobilisasi bantuan masyarakat internasional dalam pengembangan kapasitas kepada rakyat Palestina.
Menlu juga menyampaikan sejumlah prioritas kebijakan luar negeri seperti kerjasama dalam mengatasi bencana alam, border diplomacy, peningkatan perlindungan terhadap WNI di luar negeri.
Mengakhiri pidatonya, Menlu menekankan peran penting media sebagai pilar diplomasi.

Di akhir acara, Menlu menyerahkan Adam Malik Award bagi media yang telah memberitakan informasi terbaik mengenai politik luar negeri dan diplomasi Indonesia sepanjang tahun 2010. Adam Malik Award dalam 4 kategori diberikan kepada: Harian Kompas (media cetak), TVRI (media elektronik), Detikcom (media on-line) dan Lilian Budianto (penghargaan khusus bagi penulis terbaik).

Acara tersebut dihadiri oleh antara lain  Dr. Alwi Shibab (Menlu periode 1999-2001), Dr. N. Hassan Wirajuda (Menlu periode 2001-2009), Joop Ave (Menparpostel periode 1993-1998), Agus Gumiwang (Wakil Ketua Komisi I DPR RI), Sidharto Danusubroto (Wakil Ketua BKSAP DPR RI) dan 340 undangan lainnya yang terdiri dari kalangan media, diplomatik, akademisi, instansi pemerintah serta pejabat dan sesepuh Kemlu.
Dokumen Terkait:
Pidato Menlu RI selengkapnya, klik di sini.
Buku Diplomasi Indonesia 2010 (PDF), klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s