Posted on

Apple Inc. Culik Pegawai Microsoft


1302922578584641313Ilustrasi (widia.webuda.com)

Culik-menculik pegawai yang berpotensi dan dianggap sangat sukses merupakan hal yang biasa terjadi  di perusahaan teknologi informasi seperti Apple atau Microsoft. Baru-baru ini, Apple “menculik” seorang pegawai Microsoft yang sangat mumpuni dalam membangun data center berbasis cloud computing. bussinesinsdier.com melaporkan, dalam usahanya membangun data center yang baru, Apple berhasil memperoleh tambahan tenaga baru yang diperoleh dari Microsoft. Tenaga baru ini bukanlah orang sembarangan karena  sukses membangun data center berbasis cloud computing di Microsoft, yaitu  Kevin Timmons.

Kepergian  Kevin Timmons sebelumnya memang telah dikonfirmasi oleh Microsoft, namun tidak menyebutkan secara jelas tujuan ke mana Timmons akan pergi. Ternyata tujuannya Timmons tidak jauh-jauh, yaitu Apple dan tugasnya pun hampir sama dengan tugas sewaktu di Microsoft, yaitu merancang layanan data center berbasis cloud computing.

Dilaporkan, Apple sudah pada tahap akhir untuk menyelesaikan data center mereka yang baru di North Carolina sehingga memerlukan seseorang untuk mengisi posisi membangun layanan berbasis cloud yang kemungkinan akan berisi audio dan video streaming serta online storage untuk konten dari iTunes. Data center ini sendiri akan beroperasi di musim semi tahun 2011 ini.

Microsoft sendiri sudah lima tahun terakhir membangun data center mereka yang besar untuk Bing dan jasa bisnis seperti Exchange Online. Microsoft menggunakan Windows Azure sebagai platform cloud computing mereka dalam membangun data center. Kevin Timmons datang ke Microsoft pada pertengahan tahun 2009 dan membantu mengawasi penyelesaian data center di Northlake, Illinois, dan Dublin, Irlandia.

Nama Kevin Timmons sendiri bukanlah nama baru dalam dunia teknologi informasi. Ia pernah menjabat sebagai wakil presiden bidang operasi di Yahoo! Timmons dikenal dan dihargai karena kemampuannya dalam membangun data center yang efisien sesuai dengan skala internet. Data center yang dibangunnya memiliki efektivitas biaya yang mengagumkan dan dapat memangkas biaya data center hingga 50%.

Prestasi Timmons yang di atas rata-rata tersebut dan kemampuannya dalam mengurangi biaya data center hingga 50% tentu saja sangat menarik bagi Apple yang tengah  membangun data center baru sehingga mereka membuka sebuah lowongan pekerjaan.

13028691601629806601Lowongan pekerjaan yang dibuka oleh Apple, sumber: http://www.appleinsider.com

Lowongan ini ternyata menarik bagi Kevin Timmons sehingga ia mengambil keputusan untuk meninggalkan Microsoft untuk bergabung dengan Apple. Keputusan ini tentu sangat baik bagi Apple dan berakibat sebaliknya bagi Microsoft. Belum diketahui benar seberapa besar rumenerasi yang ditawarkan oleh Apple untuk membujuk Timmons meninggalkan Microsoft. Biasanya orang dengan kualitas di atas rata-rata ini, perusahaan tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang jutaan dollar agar mendapatkannya.

Menurut seorang analis Bernstein, Toni Sacconaghi, data center Apple yang baru tersebut akan memberikan paling tidak lima keuntungan bagi Apple, yaitu memperluas streaming media dan bisnis iklan Apple, penyimpanan dan sinkronisasi berbasis cloud, layaknya sebuah Dropbox, sebuah layanan streaming musik murah  yang akan bersaing dengan penyedia layanan serupa  seperti Spotify dan Rhapsody, layanan video streaming murah layaknya Netflix’s serta layanan navigasi.

Perlu diketahui bahwa data center Apple yang baru ini lima kali lebih besar dibandingkan data center yang berada di Newark, California. Apple sendiri sudah menghabiskan dana sekitar 1,7 miliar dollar AS untuk membangun data center ini, jumlah ini melebihi dari yang dibayarkan oleh Google, Microsoft, dan Amazon. Dengan pengeluaran sebesar itu tentu Apple tidak ingin uangnya keluar percuma sehingga mereka memutuskan untuk mengefektifkan layanan data center ini dengan merekrut orang yang sangat berhasil dalam menekan biaya data center, yaitu Kevin Timmons.

http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/04/16/apple-inc-culik-pegawai-microsoft/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s